Arti Kliping dan Cara Membuat Kliping

majalahKliping merupakan guntingan atau potongan dari surat kabar (koran), majalah atau artikel lain yang dianggap penting kemudian disusun dalam sistem tertentu dalam suatu bidang untuk didokumentasikan.

Untuk membuat kliping, terdapat beberapa hal agar kliping yang terbuat nantinya tidak terkesan asal-asalan. diantaranya adalah sumber artikel yang memuat nama (majalah, koran atau artikel yang memuatnya) tanggal bulan dan tahun terbit halaman artikel yang dimuat.

Hal ini karena kliping juga bisa dinilai sebagai sebuah karya seni, sehingga semakin baik pembuatannya, maka semakin enak pula ketika dibaca atau dipandang.

Kliping merupakan kegiatan menggunting atau memotong bagian-bagian tertentu dari surat kabar (koran), majalah atau artikel lain kemudian disusun dalam sistem tertentu dalam suatu bidang.

Kliping bisa berupa berita yang sedang aktual, berupa makalah tentang pengetahuan umum, kumpulan tips yang bermanfaat, dan lain sebagainya.

Untuk membuat kliping, terdapat beberapa tips agar kliping yang terbuat nantinya tidak terkesan asal-asalan.

Hal ini karena kliping juga bisa dinilai sebagai sebuah karya seni, sehingga semakin baik pembuatannya, maka semakin enak pula ketika dibaca atau dipandang.

Cara Membuat Kliping

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan agar karya kliping yang Anda buat terlihat lebih menarik

Gunakan Kertas yang Sesuai

Kertas alas untuk kliping usahakan menggunakan kertas yang cukup tebal, tapi tidak  terlalu tebal. Jangan menggunakan kertas yang tipis, karena akan membuat kliping menjadi tidak bisa menempel dengan rapi.

Penggunaan Lem yang Sesuai

Hati-hati ketika mengelem kertas kliping,  sebaiknya menggunakan lem yang cepat kering agar lem tidak merusak kertas. Selain itu, lem yang cepat kering akan mengurangi resiko kotor pada alas yang hendakditempeli kliping.

Jarak Antar Kliping

Jarak antar potongan kliping janganlah terlalu dekat. Hal ini agar kliping terlihat rapi dan indah. Tetapi anda juga bisa membuatnya saling menumpuk. Tentu saja ini sesuai dengan kreasi dan desain kliping anda sendiri.

Metode Penyusunan

Untuk menyusun kliping, Anda dapat menggunakan penyusunan berdasarkan kategori, atau penyusunan berdasarkan tanggal. Penyusunan berdasarkan kategori cocok untuk kliping yang berisi tentang tips kehidupan sehari-hari, misalnya kliping tentang manfaat buah berdsasarkan golongan darah.

Sedangkan penyusunan berdasarkan tanggal lebih cocok untuk kliping berita yang isinya dari waktu ke waktu, misalnya berita tentang pertumbuhan ekonomi suatu wilayah.

Pemilihan Cover yang Tepat

Sampul atau Cover yang menarik menentukan apakah pembaca akant tertarik atau tidak dengan kliping tersebut. Hal ini karena sampul merupakan halaman yang pertama kali dilihat oleh pembaca. Semakin menarik sampul, maka semakin tinggi peluang pembaca akan tertarik membaca kliping tersebut.

Nomor Halaman dan Daftar Isi

Nomor halaman dan daftar isi dari kliping juga penting. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca mencari informasi yang mereka inginkan.

Sekian cara membuat kliping sederhana. Tentu saja Anda dapat memberikan sentuhan kreasi tersendiri terhadap kliping yang Anda buat sehingga anda dapat menciptakan kliping yang berguna bagi pembaca.

sumber (http://teknowrap.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>