Cara Merawat Kelinci Anggora

Cara Merawat Kelinci Anggora pada dasarnya sama dengan kelinci hias lainya. Namun ada sedikit perlakuan khusus untuk kelinci anggora karena bulunya yang panjang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memelihara kelinci Anggora, yang pokok dari semua itu adalah kesehatan. Nah, untuk menjaga kesehatan kelinci anggora kita, ada 3 hal yang harus diperhatikan, yaitu : kandang, pakan, dan minum.

Berikut penjelasan rincinya untuk memelihara kelinci anggora.

A. Makanan
Kelinci merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Rumput atau sayuran adalah pakan yang paling mudak kita dapatkan. Namun jangan asal memberi pakan pada kelinci anggora. Rumput segar belum tentu baik buat kelinci anggora. Karena kandungan air di dalam rumput/sayur segar sangat banyak ini bisa membuat kelinci mencret dan mati. Selain sayuran ada juga pakan kelinci yang lain misalkan pelet ikan atau pelet khusus kelinci yang banyak tersedia di supermarket atau petshop.

B. Kandang kelinci
Kelinci anggora membutuhkan kandang yang bersih dan cukup udara. Keindahan dan kelembutan bulu kelinci anggora sangat tergantung kebersihan kandang. Kandang yang kotar dan basah menimbulkan bulu kelinci anggora menjadi gimbal, yang berakibat kelinci anggora terlihat kumuh dan jelek. Bersihan kandang, jangan sampai kotoran menumpuk, karena akan mengganggu kesehatan kelinci anggora kesayangan kita.

D. Air Minum

Kelinci anggora membutuhkan air minum untuk kelangsungan hidupnya. Meskipun tanpa minum kelinci dapat hidup karena mendapatkan air dari rumput yang masih basah. Air yang berasal dari rumput apalagi pakan dari pelet yang kering kandungan airnya kurang untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh kelinci anggora.

Pemberian air minum sangat diperlukan. Namun ada beberapa peternak yang tidak membari air minum karena pakan yang digunakan banyak mengandung air, misalnya ampas tahu.

Setiap kelinci kebutuhan minumnya tidak sama, ada yang banyak minum ada yang sedikit minum, dan ada pula yang tidak minum. Sebaiknya kasih air minum, entah mau minum atau tidak, kelinci akan minum sesuai kebutuhannya.

2 thoughts on “Cara Merawat Kelinci Anggora”

  1. Ku baru pertama kali adopsi kelinci english anggora umurnya baru 3 bulan,kta si penjualnya dia lg proses pergantian bulu lama tumbuh bulu baru jadi agak rontok dan botak,ku agak khawatir nanti bulu nya ga tumbuh cantik lg seprti blu yg dia punya skrng,cra supaya cpt tumbuh bulunya di apain sih?trus brpa lma proses perontokan itu?klo udh tumbuh lg cara ngerawat bulunya yg baik dan benar gmna?
    Mohon di jwb segera yaa,,,
    Thks sblum nya ,,,,

    1. Setahu saya kelinci nggak ada masa pergantian bulu. Bulu kelinci rontok itu bertahap, jadi tidak ketara kalau bulu kelinci rontok karena akan disusul dengan tumbuhnya bulu yang baru. Jika bulu rusak atau gimbal itu karena sebab lain. Misalnya Kotor atau terkena penyakit kulit. Jika bulu gimbal karena kotor bisa diatasi dengan dicukur nanti akan tumbuh bulu yang baru. Ini membutuhkan waktu 10 -30 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>