kelinci putih

Ciri ciri Kelinci Bunting

Mengharap kebuntingan kelinci induk kita memang iya. Buat apa ternak kelinci kalau gak ada hasil anakannya? ya kan?
Berikut tanda kelinci bunting berdasarkan dari internet, buku dan pengalaman.

  1. Mengerang atau kruk-kruk. Induk kelinci tidak mau dibuahi pejantan dan mengeluarkan suara seperti mengerang adalah salah satu tanda kelinci sedang bunting. Berdasarkan pengalaman, hal ini belum pasti bunting. Artinya bisa bunting bisa juga tidak. Karena beberapa kali mencoba kelinci yg masih dara “perawan” ketika dimasukkan ke kandang jantan juga mengalami hal demikian. Induk kelinci yang masih menyusui dan belum merah kelaminya juga berprilaku demikian. Jadi hal ini jangan dijadikan patokan.
  2. Galak. Sebagian kelinci sikapnya berubah menjadi galak, kalau ada tangan masuk ke kandang mau digigit. Induk kelinci yang galak juga dialami oleh kelinci betina yang sedang birahi. Dia melawan dibuahi oleh pejantan. Jika dia kalah maka mau dibuahi pejantan. Dan jika pejantanya kalah maka dia tidak mau dibuahi. Jika hal ini terjadi maka ganti dengan pejantan yang lain.
  3. Perabaan. Berdasarkan dari hasil membaca di internet dan buku, kelinci bunting dapat dideteksi kebuntinganya setelah 10 hari dari perkawinan. Cara ini bagi peternak yang berpengalaman dapat mendapatkan hasil yang positif. caranya? simak tulisan di bawah ini.

Mendeteksi Kelinci Bunting dengan Meraba

Kira-kira 10 hari setelah perkawinan induk kelinci dapat dideteksi
kebuntingannya. Cara ini dapat meyakinkan peternak akan kebuntingan
induk kelinci supaya tidak terjadi jeda produksi yang panjang. Dengan
cara meraba bagian perut, jika terdapat semacam benjolan bulat sebesar
kelereng yang kenyal maka kelinci positif bunting, jika tidak maka kelinci gagal
bunting. Untuk itu kelinci perlu dikawinkan lagi.
Perlu diperhatikan ketika melakukan perabaan, harus pelan dan hati-hati sehingga induk kelinci nyaman dan aman bagi calon anakan kelinci.
Cara ini bagi pemula memang sulit untuk menemukan letak benjolan tersebut. Jika tidak menemukan benjolan ketika meraba, ada dua kemungkinan, tidak menemukan atau memang tidak ada.

Untuk meyakinkan kebuntingan induk kelinci kita perlu melakukan cara yang lain, yaitu mengawinkan induk kelinci kembali. Perhatikan perilaku induk kelinci. Jika  induk betina bercericit keras, itu artinya ia menolak dikawini pejantan karena tengah bunting. Namun jika tidak bersuara apa-apa dan hanya
pasrah, berarti kelinci betina belum bunting.

Setelah mengetahui induk kelinci tidak bunting, maka tunggu masa subur, kemudian dikawinkan ulang. Palpasi kembali induk kelinci 10 hari kemudian, jika positif atau bunting Alhamdulillah, tinggal tunggu kelahirannya saja.
Semoga bermanfaat.
Salam Sukses Peternak kelinci.

One thought on “Ciri ciri Kelinci Bunting”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>