jaringan-komputer

Pengertian Internet dan Intranet

Pengertian Internet (Interconected-Network) adalah jaringan komputer yang terhubung satu sama lain di seluruh dunia. Dengan terhubungnya komputer satu dengan yang lain sehingga antar komputer dapat saling berkomunikasi.
Internet dapat disebut dengan sebuah perpustakaan online yang sangat besar dan lengkap. Informasi yang ada di internet meliputi seluruh isi dunia sehingga internet sering disebut dunia dalam bentuk maya.

Secara fisik pengertian internet adalah jaringan komputer global. yaitu sebuah jaringan komputer yang menjangkau seluruh dunia.
Internet adalah sumber daya informasi yang menjangkau seluruh dunia dimana antara satu komputer dengan komputer lain di dunia dapat saling berkomunikasi.
Pengertian internet adalah komputer yang saling terhubung diseluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial hukum dan budaya.
Pengertian internet adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung dengan media penghubung, misalnya satelit atau frekwensi radio.
secara fisik di analogikan sebagai jaring laba-laba yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik yang saling berhubungan.
Internet adalah informasi yang dapat dibayangkan sebagi suatu data base atau
perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap.
Internet adalah forum global yang tidak membatasi negara, hukum, manusia dan waktu sehingga antar manusia dapat memanfaatkan internet untuk berkomunikasi.
Dari pengertian internet yang dijabarkan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Secara fisik internet adalah jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia.
  2. Internet dipandang sebagai sumber daya informasi yang sangat besar dan lengkap.
  3. Internet merupakan forum global yang tidak membatasi negara, hukum, manusia dan waktu.

Pengertian Intranet
Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol ) yang digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan Warnet (Warung Internet) dapat dikategorikan intranet.

( BSE TIK IX )

One thought on “Pengertian Internet dan Intranet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>